Jumat, 21 Januari 2011

Sejarah Muhammadiyah Mesuji

SEJARAH KELAHIRAN MUHAMMADIYAH MESUJI
Muhammadiyah Mesuji lahir pada tanggal 30 Zulhijah 1431H bertepatan dengan 06 Desember 2010 M. Muhammadiyah Mesuji adalah hasil pemekaran Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang. Kabupaten Tulang Bawang di pecah Menjadi 3 Kabupaten, satu Kabupaten Induk dan dua Kabupaten baru yaitu Kabupaten Tulang Bawang Barat dan kabupaten Mesuji. Kabupaten Mesuji terdiri dari 7 Kecamatan, yaitu : 1.Way Serdang, 2.Simpang Pematang, 3.Tanjung Raya, 4.Pancajaya,5.Mesuji Timur, 6.Mesuji, 7.Rawajitu Utara. Pada awal berdirinya Muhammadiyah Mesuji terdiri dari 4 Cabang Aktif dan 1 Cabang setengah Aktif dan 2 Cabang Pasif.
Sejarah pendiriannya di mulai dengan pertemuan pertama tanggal 21 Mei 2010 M di Masjid Taqwa Pancawarna Way Serdang Mesuji yang di hadiri Oleh Wakil PDM Tualang Bawag; Bp.Siswo Sujono. Aminudin, Bambang Wiyono, Imam Safrudin dan 5 Cabang, yaitu :Way Serdang, Simpang Pematang,Tanjung Raya, Mesuji Timur dan Rawa Jitu Utara. Menghasil kan keputusan untuk mendirikan PDM Mesuj. Maka para ketua PCM menandatangani berita acara kesepakatan pemisahan PDM Mesuji dari PDM Tulang Bawang.Yang Menanda tangani berita Acara tersebut; Way Serdang Bp.Mashuri, Simpang Pematang;Hari Saptono, Tanjung Ray;Bonal Amin, Mesuji Timur;Lugiman dan Rawa Jitu Utara Muhlisun.
Berita acara pertemuan tersebut di bawa oleh PDM Tulang Bawang untuk di usulkan ke PWM Lampung. Tapi sampai Oktober 2010 tidak ada kabar.Maka pada tgl 1 Oktober Bp Salamun mengecek keberadaan berita acara tersebut ke PWM Lampung. Tapi dari hasil keterangan Bp.Muzakir Noor (Seretaris PWM) belum ada berkas masuk. Ahirnya atas saran Bp Siswo Sujono ( Wakil Ketua PDM Tuba) Bp Salamun di minta agar mengumpulkan Cabang-cabang lagi.Ahirnya pada tgl 3 Oktober 2010 di adakan Pertemuan di Rumah Bp.Bonal Amin Kampung Brabasan Tanjung Raya dan membuat berita acara lagi dengan kesepakatan berita acara tersebut akan di urus sendiri sampaim ke PWM bahkan sampai ke PPM. Dan rapat di tutup dengan menghasilkan keputusan untuk biaya pengurusan SK PDM Mesuji di pikul 5 Cabang di atas.Dengan Masing Cabang di kenai infaq wajib Rp.320.000,- di samping infaq pribadi yang akan di kumpulkan pembayarannya pada tanggal 7 Nopember 2010 di tempat Bp Lugiman Tanjung Menang Mesuji Timur.Kemudian di putuskan untuk mengadakan pengajian Rutin tiap hari Minggu di awal bulan.
Pertemuan berikutnya bertempat di rumah Bp Lugiman Tanjung Menang Mesuji Timur menghasilkan Keputusan untuk memberangkatkan MUSYWIL Muhammadiyah di STKIP Muhammadiyah Pringsewu.Yaitu atas Nama PDM TUBA Bp.Lugiman atas Nama Cabang Mesuji Timur Bp Bonal Amin dan Muhlisun dan atas Nama cabang Way Serdang Bp.Salamun, Sajidan dan Hendra Saputra.
Pertemuan berikutnya di rumah Bapak Elfaizi Simpang Pematang tanggtal 12 Dwsember 2010 membahas penyelenggaraan MUSYDA Muhammadiyah kesatu, dan ahirnya di tetapkan Musyda tgl 15-16 Januari 2011 di MTs Negri Simpang Pematang.Dengan Ketua Panitia Salamun,Sekretaris Hari Saptono dan Bendahara Elfaizi.
Tgl 15 Januari 2011 di laksanakan pawai Ta'aruf untuk memeriahkan Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah Mesuji ke 1 di Simpang Pematang yang di meriahkan dengan Drum Band MTsN Simpang Pematang, Siswa - Siswi SMK Muhammadiyah Pancawarna,MTs Muhammadiyah Pancawarna, Tapak Suci Putra Muhammadiyah Pancawarna dan SMA Muhammadiyah Mesuji Timur.
Tgl 16 Januari 2011 di adakan Musyda dengan Agenda ; Pemilihan Angoota Pimpinan Daerah Mesuji 9 Orang, Sidang Komisi Pembahasan Program kerja dan Pengesahan Ketua Umum. Dengan Hasil sbb:
1. Mengesahkan hasil Sidang Komisi yang berisi kebijakan Umum dan Organisasi, Program kerja 2010-1015, dan Usul-usul dan isu strategis bagi Muhammadiyah.
2. Mengesahkan Anggota Pimpinan dan Ketua Umumnya untuk periode 2010-2015 sbb;Ketua Umum;Ahmad Fadli, Sekretaris 1 Salamun, Sekretaris 2 Hari Saptono, Bendahara 1 Elfaizi, Bendahara 2 Bonal amin dan Agoota: Lugiman, Darul alipi, Amirul Mukmini, dan Muhammad Salim.

2 komentar:

  1. Selamat atas berdirinya Muhammadiyah Mesuji ... sukses slalu dan salam buat semua ... "Hidup untuk Muhammadiyah bukan Hidup dari Muhammadiyah"

    Moga terus berkibar

    Wassalam

    BalasHapus
  2. Tidak terasa sudah 9 tahun Muhammadiyah Mesuji berdiri

    BalasHapus